Senin, Maret 22, 2010

////

Crystal Disk Info 3.3.0

Storage adalah salah satu komponen paling krusial dalam sebuah komputer. Fungsinya sebagai penyimpanan data yang akan dipakai sehari-hari. Saat ini, terdapat dua wujud storage paling umum, yaitu hard disk drive (HDD) dan solid state drive (SSD). Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri, dari segi kecepatan transfer data, akses I/O, kapasitas, harga, dan risiko kerusakan.

Terlepas dari apapun pilihan Anda dalam pemakaian storage, pemeliharaan tidak boleh terlupakan. Langkah awalnya adalah memahami spesifikasi dan kondisi storage. Untuk mengetahuinya, bisa menggunakan Crystal Disk Info. Ini merupakan utilitas gratis yang mampu menampilkan data-data penting storage Anda, seperti firmware, nomor seri, dukungan feature, dan tingkat rotasi. Kondisi "kesehatan" storage juga dapat diketahui, meliputi Good, Caution, Bad, dan Unknown. Teknis penentuan status berbeda, tergantung jenis storage (HDD atau SSD).

Crystal Disk Info telah mendukung S.M.A.R.T., satu sistem pengawasan yang mampu mendeteksi kemungkinan rusaknya sebuah storage. Indikator-indikatornya sangat banyak dan bisa dilihat langsung pada halaman muka. Laporan kondisi storage lalu dapat disalin ke dalam bentuk file teks jika ingin dicetak. Fungsi lain yang dimiliki antara lain pengaturan kebisingan suara dan konsumsi daya. Perlu diingat, kinerja storage sifatnya berbanding terbalik dengan kedua hal tersebut.

Satu lagi hal menarik dari utilitas ini ialah sifatnya yang open source. Kode sumbernya ditaruh di situs Sourceforge sehingga bebas diakses. Untuk kemudahan, aplikasi ini juga tersedia dalam format portabel, di samping format stand-alone yang harus diinstal di komputer. (Erry FP)


CRYSTAL DISK INFO 3.3.0

Ukuran Installer

2,32MB (portabel: 1,96MB)

Situs Download

crystalmark.info/software/CrystalDiskInfo/index-e.html

Jenis

Freeware

Pengembang

Crystal Dew World

Sistem Operasi

Windows XP/2000/Vista/Server 2003/Server 2008/7


Plus
: Mampu mendeteksi beberapa storage sekaligus, feature cukup lengkap, open source, ada format portabel

Minus : Hanya ada versi Windows