Sabtu, November 13, 2010

////

Bedanya dual core dengan core 2 duo


Dual Core berarti sebuah prosesor yang memiliki dua buah inti atau inti ganda. Contohnya adalah seperti Pentium D dan Core Duo atau Core 2 Duo dari Intel dan Athlon 64 X 2 dari AMD. Sedangkan Core itu penamaan terbaru prosesor Intel menggantikan brand "Pentium" yang sudah nggak dipake lagi. Jadi, setelah mereka meluncurkan prosesor Core, terus generasi keduanya setelah Core itu ya Core 2, seperti layaknya dulu ada Pentium dan Pentium II, dan seterusnya.

Dua itu menandakan bahwa prosesor tersebut menggunakan dua buah Core / inti (Dual Core). Kalau yang cuma menggunakan satu buah Core / inti, namanya jadi Core 2 solo, sedangkan yang menggunakan 4 buah Core / inti, namanya adalah Core 2 Quad.

Core 2 Quad jelas lebih cepat ,logikanya : cepat mana makan 10 piring dengan 2 orang atau 4 orang ? ( diasumsikan semua orang berkemampuan sama ) sudah jelas 4 kan ?
Prosesor Dual Core Intel sendiri sudah dimulai pada akhir era Pentium yaitu prosesor yang disebut dengan Pentium D ( Pentium Dual ). Bila pentium D menggabungkan dua buah pentium, maka Core 2 Quad menggabungkan dua buah core 2 Duo. Adapun core 2 Duo sendiri sudah merupakan prosesor dual core.

Secara teknis, kalau dari klaimnya Intel, Core 2 Duo itu lebih hemat daya sampai 40 persen dibandingkan dengan prosesor Dual Core pendahulunya dan juga memiliki kinerja yang 40 persen lebih cepat. Selain itu, cache L2 yang lebih besar juga sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru, kalau nggak salah disebut smart cache, yang membuat kinerjanya jadi lebih baik lagi.