Rabu, Agustus 18, 2010

////

Remaja penghasil 1 juta dolar

Christian Owens, seorang wiraswastawan muda dari Inggris, dalam usianya yang baru 16 tahun dikabarkan telah mampu memperoleh penghasilan 1 juta dolar dari usahanya berbisnis di internet yang dimulai dua tahun lalu. Lebih hebatnya, penghasilan yang dia peroleh tersebut sebagian diberikannya untuk kegiatan sosial.

Owens adalah pengagum Steve Jobs, dan pada umur 14 tahun telah mendirikan sebuah perusahaan bernama Mac Bundle Box. Melalui perusahaan tersebut dia mampu menjual paket aplikasi berbasis Mac dengan harga sangat murah jika dibandingkan dengan membeli secara satuan. Satu paket aplikasi Mac dijualnya seharga 49 dolar padahal jika dibeli terpisah semuanya berharga 458,59 dolar. Harga murah ini diperolehnya melalui negosiasi dengan para provider aplikasi tersebut. Dari usahanya tersebut Owens mampu menghasilkan uang 1 juta dolar. Saat ini dia telah mempekerjakan delapan orang dewasa di perusahaan tersebut.

Setelah sukses dengan Mac Bundle Box, Owens melanjutkan usahanya melalui sebuah perusahaan baru bernama Branchr, sebuah perusahaan periklanan PPC (pay per click) yang mendistribusikan lebih dari 300 juta iklan setiap bulannya ke seluruh web. Usaha barunya ini berjalan sukses dan bahkan telah mampu membeli perusahaan lain bernama Atomplan. Dari Mac Bundle Box dan Branchr ini dia mampu menghasilkan uang sebesar 2 juta dolar.

Menurut Owens, tidak ada jurus kilat dalam berusaha. Yang harus dilakukan hanyalah bekerja keras dan memiliki keinginan kuat untuk membuat sesuatu yang besar. Owens sendiri masih berambisi untuk meraih penghasilan 100 juta poundsterling dari usahanya tersebut, yang diperkirakan akan bisa dicapainya ketika dia berumur sekitar 19 tahun.