Minggu, Agustus 22, 2010

////

Kenapa harus menggunakan IPTV teknologi?

Pertama IPTV disebut juga sebagai Protocol Television atau Telco TV, atau Broadband TV, dimana secara aman dapat mengirimkan siaran dengan kualitas yang baik atau video on demand dan konten audio melawati suatu jaringan pita lebar. IPTV secara umum adalah pengiriman siaran dari TV tradisonal, film, dan konten video on demand melawati suatu jaringan privat. Dari sisi pelanggan, IPTV hanya seperti televisi langganan berbayar intermet . Standar definisi yang digunakan sampai sekarang adalah berdasarkan International Telecommunication Union focus group on IPTV (ITU-T FG IPTV) dimana pengertian IPTV adalah layanan multimedia seperti televisi/video/audio/teks/data yang dikirmkan melalui jaringan berbasis IP(internet Protocol) untuk menyediakan kualitas layanan dan pengalamatan, keamanan, interaktif, dan kepercayaan.

Beberapa feature yang dimiliki oleh IPTV ini adalah :

* IPTV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.
* IPTV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
* IPTV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.
* IPTV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.
* Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IPTV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IPTV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).