Rabu, Agustus 18, 2010

////

iPad menggusur Netbook

Masih ingat dengan hasil analisis bahwa penjualan tablet akan menggusur netbook pada tahun 2012 nanti? Tidak perlu menunggu lama, tampaknya hal tersebut sudah mulai dirasakan beberapa produsen netbook saat ini, salah satunya Asus.

Minggu lalu, produsen komputer terkemuka asal Taiwan ini menampilkan penjualan netbook kuartal keduanya lebih rendah daripada kuartal pertama. Asus juga memprediksi penjualan netbook kuartal ketiganya berada dibawah penjualan kuartal kedua, padahal kuartal ketiga biasanya merupakan saat yang tepat bagi penjualan netbook karena periode mendekati masuk sekolah (back to school).

Berdasarkan laporan Asus yang dilansir Digitimes, penjualan netbook asus, EEE PC turun dari 1.6 juta unit pada kuartal pertama menjadi 1.5 juta unit pada kuartal kedua, dan prediksi 1.4 juta unit pada kuartal ketiga. Asus sendiri juga menargetkan total penjualan netbook sebesar 7-8 juta unit pada tahun 2010 ini.

CEO Asus, Jerry Shen sepertinya sudah memprediksi hal ini dengan niatnya untuk memproduksi tablet keluaran Asus, tanpa meninggalkan netbook yang selama ini menjadi penyanggahnya. Asus tengah mempersiapkan tablet Android EEE Pad dengan sistem operasi Android dan Windows CE 7.

Saat ini populasi tablet yang tersebar secara global di dominasi oleh iPad, sehingga iPad sering dianalogikan sebagai tablet satu-satunya, kedepannya akan semakin banyak tablet yang akan muncul. Jadi pilih Netbook atau Tablet?