Sabtu, Juli 31, 2010

////

tampilan layar bernama Jackeey Wallpaper menghebohkan dunia Android

Sebuah aplikasi pengganti gambar latar belakang tampilan layar bernama Jackeey Wallpaper telah menghebohkan dunia Android karena disinyalir telah digunakan untuk mencuri data-data privasi penggunanya. Aplikasi ini cukup terkenal di Android Market karena telah diunduh antara 1,1 hingga 1,6 juta kali. Pengembang menampilkan beberapa tema yang populer seperti Naruto, Bleach, dan Dragonball Z untuk menarik minat orang mengunduhnya.

Aplikasi ini selain mampu menganti gambar later belakang handset Android ternyata juga merupakan program berbahaya yang bisa mengambil data pengguna yaitu nomer kartu SIM, identifikasi pelanggan, hingga kata sandi dari pesan suara. Aplikasi ini akan memunculkan permintaan untuk mengambil 'informasi telepon', namun permintaan tersebut kurang jelas dan ternyata digunakan untuk mengambil data-data pribadi. Data tersebut kemudian dikirimkan ke situs www.imnet.us yang sepertinya dimiliki oleh seseorang yang berada di Shenzhen, China.

Temuan ini pertama kali dilaporkan oleh sebuah firma keamanan bernama Lookout pada saat konferensi BlackHat di Las Vegas. Para eksekutif Lookout menemukan aplikasi bermasalah tersebut ketika melakukan proyek yang disebut App Genome Project. Salah satu bagian dari proyek ini adalah untuk menganalisis kelakuan aplikasi dengan cara melakukan logging (pencatatan) terhadap 100.000 aplikasi bebas berplatform Android dan iPhone.