Senin, Mei 10, 2010

////

Netbook tersingkirkan

Pelan tapi pasti, kehadiran iPad, besutan terbaru Apple telah menjadi momok bagi para produsen netbook.

Morgan Stanley, seorang analis dari Katy Huberty pun melontarkan pemikirannya yang menyatakan bahwa penjualan iPad secara perlahan telah mematikan penjualan netbook.

Huberty membeberkan bahwa selama musim panas tahun 2009 lalu, penjualan netbook memang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dengan angka mengejutkan sebesar 641%. Namun angka tersebut kemudian merosot, terutama pada bulan Januari 2010. Terlebih lagi, pada bulan April, angka tersebut kian merosot tajam.

Untuk mendukung teorinya itu, Huberty pun menawarkan Morgan Stanley/survai Alphawise di bulan Maret yang menemukan fakta bahwa sebanyak 44% konsumen di Amerika Serikat telah berencana untuk membeli iPad ketimbang membeli netbook ataupun notebook.

Meski demikian, pendapat kontra datang dari analis NPD Group, Stephen Baker yang mengatakan kepada Computerworld bahwa masih terlalu dini untuk menyimpulkan secara definitif bahwa iPad Apple memang berdampak negatif terhadap penjualan netbook.

“Lalu, mungkinkah di sana terdapat kanibalisme penjualan netbook oleh iPad? Tentu saja ada. Namun demikian, masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa iPad-lah yang menyebabkan penjualan netbook turun. Tapi menurut saya, hal itu sangat logis,” terang Baker.