Rabu, Januari 13, 2010

////

Teknologi Jaringan VoIP

IP telephony atau yang biasa dikenal Voice Over IP merupakan teknologi pengiriman Voice ( dimungkinkan juga untuk tipe data multimedia yang lain) secara real time, antara dua atau lebih user dengan melewati jaringan yang menggunakan protokol-protokol internet.


diagram voip.jpg


Konfigurasi VoIP

a. Konfigurasi phone to phone Konfigurasi ini menghubungkan antara telepon dengan telepon dengan melewati jaringan IP dengan menggunakan perangkat VoIP Gateway yang berfungsi untuk melakukan konversi voice menjadi data dengan proses paketisasi dan sebaliknya

b. Konfigurasi PC to PC Konfigurasi menghubungkan antara terminal PC dengan PC lainnya menggunakan perangkat router. Proses encoding, kompresi, dan enkapsulasi terjadipada PC. Sedangkan router bertugas mengenali IP Address tujuan yang terdapat pada datagram dan merutekan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.Aplikasi yang digunakan pada terminal PC menggunakan software softphone atau berupa aplikasi tertentu seperti Neetmeeting atau sejenisnya.

c. Konfigurasi Phone to PC atau sebaliknya Konfigurasi ini menghubungkan antara terminal PC dengan terminal telepon atau sebaliknya dengan menggunakan suatu gateway untuk proses konversi suara menjadi data dan sebaliknya. Konfigurasi ini dapat menghubungkan antara terminal user dengan basis PSTN dengan terminal user yang berada di jaringan IP.

Protokol VoIP

Protocol VoIP secara umum dibagi menjadi dua bagian, yaitu Control/signaling dan data voice.

a. Control VoIP adalah trafik yang berfungsi untuk menghubungkan dan menjaga trafik yang sebenarnya yaitu berupa data voice. Juga menjaga seluruh operasi jaringan (router to router communications). Dikenal juga dengan istilah Packet Signalling.

layer voip.jpg

b. Data Voice adalah trafik user berupa informasi yang disampaikan end-toend yang dikenal juga sebagai Packet Voice. Voip menggunakan Ip sebagai “Basic Transport”, pada layer transport VoIP menggunakan UDP

Kompresi

Dalam teknologi VoIP kompresi berfungsi untuk mengurangi jumlah bandwidth yang dibutuhkan pada setiap panggilan dan sekaligus berfungsi untuk meningkatkan jumlah panggilan/user. Dalam teknik kompresi terdapat juga beberapa mekanisme untuk menunjang QoS diantaranya adalah :Voive Activity Detection (VAD) dan Compressed RTP (CRTP). Pada tabel menunjukkan beberapa variasi codec beserta besar paylaod yang dimiliki.

besar payload tiap codec.jpg