Kamis, Desember 24, 2009

////


Kali ini yang dibahas program Amazon DVD Shrinker, yang khusus digunakan untuk mengecilkan ukuran film dvd utuh dari keseluruhan file dalam format dvd movie.

Selain mengecilkan, program ini juga berfungsi untuk membuat backup (duplikasi) film dvd favorit kamu dengan hasil yang baik, tanpa kehilangan kualitas dari file aslinya. Tampilan awal program bisa kamu lihat dari screenshot di bawah ini.

Amazon DVD Shrinker screenshot

Berikut panduan cara penggunaan Amazon DVD Shrinker;
SOURCE:
Mengambil sumber film dvd yang ingin kamu buat duplikasinya (copy disc) atau film dvd yang ingin diperkecil
TARGET SIZE:
Full DVD Copy, pilihan untuk membuat duplikasi (copy disc)
Customize, pilihan untuk mengecilkan ukuran film dvd
TARGET PATCH:
Hard Drive Folder, untuk menyimpan hasil ke dalam harddisk terlebih dahulu.
DVD Disc, pilihan untuk membakar langsung hasil shrink video.

////


Sudah beralih sistem operasi ke Windows Seven? atau masih menggunakan sistem operasi di bawah Windows seven karena pertimbangan masalah hardware, atau masalah aplikasi di OS saat ini yang takut tidak berfungsi pada windows 7. Walaupun sebenarnya sudah banyak aplikasi pada Windows XP, 2003, Vista yang umumnya bisa berfungsi dengan baik.

Tapi kalau kamu ingin merasakan tampilan Windows 7 dengan tetap menggunakan Windows yang kamu pakai saat ini, untuk itu kamu bisa menggunakan Windows Seven Transformation Pack pada Windows di bawah versi Windows 7 macam Windows XP, 2003 atau Vista.

Fitur:
Seven Transformation Pack akan mengganti/merubah banyak sumber daya pada Windows XP / Windows Server 2003 seperti:

* Boot screen
* Welcome Screen / Logon Screen
* New msstyles files (visual styles)
* New desktop and file icons
* New toolbar icons
* Progress Dialogs
* Sounds scheme
* System Tray icons
* New Wallpapers
* Some Windows 7's popular features
* Dan masih banyak fitur lainnya

Berikut beberapa screenshot hasil dari instalasi Seven Transformation Pack:







Setup screen , Welcome screen, Konfigurasi user account, Boot screen

Tertarik untuk mencobanya, silahkan di unduh Seven Tranformation Pack- nya, trus lakukan instalasi ke dalam sistem, terakhir reboot system untuk melihat hasilnya.

Minggu, Desember 20, 2009

////


Karena kebutuhan yang semakin meningkat terhadap perangkat digital terutama laptop, produser merespon dengan mengeluarkan produk-produk yang terjangkau harganya. Jika dulu harga laptop berkisar antara 8 – 20 jutaan. Sekarang laptop baru dengan harga 4-5 jutaan sangat mungkin untuk didapat.

Kebanyakan laptop yang produksi lokal memang berharga dibawah 6 juta tetapi penulis kali ini mengupas laptop branded luar yang berharga murah. Beberapa merek import yang mengeluarkan laptop kisaran 4 – 5 jutaan adalah ACER, TOSHIBA, LENOVO, BENQ, dan COMPAQ.

Secara umum, spesifikasi laptop berharga 4-5jutaan ini adalah

  1. Menggunakan processor Celeron 1.7, 1.6, atau 2.0 Ghz:
  2. Memory 512mb – 1024mb.
  3. DRD-RW
  4. Harddisk 80 – 120 Gb.
  5. Dengan operating system Linux atau tidak ada sama sekali.

Spesifikasi lainnya standar-standar aja

http://www.techgadgets.in/images/acer-aspire-5315-laptop.jpg

Acer Aspire 5315 Rp 4,7 an

Dengan harga laptop baru termurah 4,6 juta dan 4,9 juta. Merk-nya pun macem-macem, antara lain:

  • Acer,
  • Byon,
  • BenQ,
  • Lenovo,
  • Telebit dll
http://www.zoneku.com/uplimg/2009_cma12998146_mainpic.jpg


Acer Aspire 5315-300512Mi

Intel Celeron M 550, 512MB, 120GB, 15” Crystalbrite WXGA TFT, DVD-RW, Wi-Fi, Webcam, Linux OS

Hargaicon $ 499 alias Rp. 4.625.000


http://www.itechnews.net/wp-content/uploads/2006/12/dispara_Prime_A_Note.jpg
A-Note

Intel Celeron M 550, 1024MB, 80GB, 14,1” Clear Display WXGA TFT, DVD-RW, Wi-Fi (Intel Pro/wireless 3945 ABG), Lan, Modem, Cardreader, Webcam 1.3MP, OS DOS

Hargaicon Rp. 4.650.000


http://adhidewanto.files.wordpress.com/2008/07/1210152141pic2.jpg
Byon M31W S/CE

Intel Celeron M 550, 1024MB, 160GB, 14,1” TFT, DVD Supermulti ODD, Wi-Fi (B/G protocol), Lan, Modem, Cardreader, Webcam 1.3MP, OS DOS (bisa diinstal-in gratis)

Hargaicon Rp. 4.790.000 (Untuk prosesor Pentium Dual Core T2390, harga Rp. 5.490.000)


http://www.techgadgets.in/images/benq-r43-s32w-q41-joybooks-2.jpg
BenQ R43-LE03

Intel Celeron M 540, 512MB, 80GB, 14,1” TFT, DVD Supermulti, Wi-Fi (B/G protocol), Lan, Modem, OS Linux

Hargaicon Rp. 5.100.000 (kmaren harganya ada yang Rp. 4.900.000, lupa tipe, tapi kayanya tipe R40)


http://komputermart.files.wordpress.com/2008/09/enovo_g400.jpg
Lenovo G410M

Intel Celeron Dual Core T1400, 512MB, 120GB, 14,1” TFT, DVD-RW, Wi-Fi, Lan, Modem, Webcam 1.3MP, OS DOS

Hargaicon Rp. 4.999.000


http://www.sripoku.com/foto/berita/2009/10/16/telebit1.jpg
Telebit UF300

Intel Celeron M 550, 512MB, 80GB, 13,3” WXGA TFT, DVD Combo, Wi-Fi, Lan, Modem, OS DOS

Hargaicon Rp. 3.990.000


http://www.dabbledoo.com/ee/images/uploads/gadgetell/zyrex-ubud_425.jpg
Zyrex (ga tau serinya…)

Intel Celeron Dual Core T1400, 512MB, 80GB, 14,1” TFT, DVD-RW, Wi-Fi, Lan, Modem, Webcam 1.3MP, OS Linux

Hargaicon Rp. 4.750.000 (ini spek seingatnya, yang pasti prosesornya Celeron Dual Core)

Dari kelima merk and spek di atas, pilihan pun jatuh pada Byon, karena ni laptop selain punya hardisk 160 GB dan ram 1 GB, tapi juga punya fitur yang re-configure, yang maksudnya adalah, setiap modul ram, hardisk dan prosesornya bisa di-upgrade. Jadi, suatu saat nanti, kalo sudah ada doku alias money, tinggal upgrade prosesor doang, berhubung spek yang lain udah mantap.

berbagai sumber

Sabtu, Desember 19, 2009

////


Menggunakan antivirus gratis bisa jadi merupakan solusi yang tepat buat kita saat ini. Karena dengan berbagai bukti yang ada kita dapat ngeliat bahwa antivirus jenis ini juga bisa nunjukin kemampuan yang handal bahkan bila dibandingin dengan antivirus berbayar.

Selain ngga perlu nguras isi dompet sedikitpun untuk dapetinnya, kita juga dapat mulai belajar menjadi sedikit lebih bertanggung jawab dengan ngga make software bajakan hehehehe J (perasaan nih artikel buatnya pake MS Office bajakan juga) Yah minimal mulai dari yang kecil aja dulu.

Ok deh bro, ini dia 11 antivirus gratis nan handal yang dah dijanjiin dari tadi, agar mempercepat proses downloadnya silakan pake browser keren yang satu ini :

  1. AVG Anti-Virus
  2. Zone Alarm
  3. Avira
  4. Comodo Firewall
  5. Avast! 4 Home Edition
  6. McAfee SiteAdvisor
  7. HijackThis
  8. SuperStorm Freeware
  9. SpyCatcher Express
  10. StartupMonitor
  11. Windows Defender

Dari kesemuanya itu, yang direkomendasikan adalah nomor 1, 2, 3, 4, dan 5. Silakan aja dicoba ya. Tapi jangan sampe lupa, jangan sampe nginstall lebih dari satu dalam 1 kompi ya bro. ntar bisa bentrokan tuh mereka dalam kompi mu.

And buat yang udah pernah ngejajal software sejenis lainnya, ngga ada salahnya berbagi buat yang laen di sini dengan ngasi link downloadnya lewat komenmu ya. Yups deh, selamat mencoba dan semoga aja artikel antivirus gratis ini bermanfaat.

////
Meskipun keduanya berbeda, bukan berarti saling menjatuhkan. Justru sebaliknya, keduanya saling memberikan dukungan. ATA dengan Serial ATA-nya dan SCSI dengan Serial Attached SCSI-nya, di masa yang akan datang siap melakukan kolaborasi yang sudah dinantinantikan server Anda.

SATA
SATA adalah singkatan dari Serial ATA. Selama ini apa yang disebut ATA merupakan transmisi paralel. Oleh sebab itu, dengan keluarnya Serial ATA, ATA yang ada sebelumnya disebut juga Paralel ATA.

Perbedaan yang sangat mencolok antara Paralel ATA dengan Serial ATA adalah penampilan kabel keduanya. Jika Paralel ATA memiliki kabel yang sangat lebar, sebaliknya lebar kabel Serial ATA hanya 8 mm saja. Jauh lebih kecil dibandingkan kabel Paralel ATA. Panjang kabel pun berbeda, maksimal panjang kabel Paralel ATA hanya 45 cm. Serial ATA mampu melakukan transmisi dengan panjang kabel sampai 1 meter.

Setiap satu kabel Serial ATA hanya dapat digunakan untuk koneksi satu buah perangkat saja. Sehingga bandwidth transmisi dapat lebih maksimal pada Serial ATA dibandingkan Paralel ATA. Bila port yang disediakan motherboard tidak mencukupi, maka Anda dapat menggunakan SATA Expander.

Pada versi Serial ATA yang pertama yaitu SATA 1.0, kecepatan maksimal transmisi adalah 150 MB/detik. Kecepatan ini meningkat pada versi SATA II yang diluncurkan tahun 2004 lalu, yaitu mencapai 300 MB/detik. Dan rencananya pada tahun 2007, akan ditingkatkan lagi menjadi 600 MB/ detik.

Selain berbeda kabel data dengan ATA, SATA juga menggunakan kabel power yang berbeda dengan ATA. Bentuk kabelnya hampir sama dengan kabel data, hanya saja lebih panjang sedikit.

Bila Anda memiliki harddisk ATA, namun ingin menggunakan transmisi SATA, maka Anda dapat memasangkan SATA adapter pada harddisk (seperti terlihat pada gambar). SATA harddisk juga dapat dihubungkan ke Serial Attached SCSI controller untuk kemudian berkomunikasi dengan menggunakan sistem Serial Attached SCSI. Sebaliknya, perangkat Serial Attached SCSI tidak dapat dipasangkan pada SATA controller.

SAS
SAS merupakan singkatan dari Serial-Attached SCSI. Sesuai namanya, SAS adalah SCSI yang terpasangkan secara paralel. Oleh sebab itu, interface SAS adalah point to point. SAS merupakan versi SCSI yang lebih baik dari yang sebelumnya, yang terpasang secara
paralel atau yang kini disebut juga Paralel SCSI. SAS mengatasi degradasi bandwidth yang dialami oleh Paralel SCSI pada signal rate yang tinggi. Dari segi ukuran, keduanya memiliki pin yang juga berbeda. Pin SAS lebih kecil dibandingkan Paralel SCSI, hal ini membuat SAS dapat juga digunakan pada harddisk yang lebih kecil, seperti 2,5 inci drive yang digunakan untuk harddisk notebook.

SAS mulai dikembangkan oleh SAS Working Group pada tahun 2001. Working group ini sendiri terdiri dari beberapa perusahaan komputer raksasa, seperti IBM, HP, Maxtor, Seagate, dan LSI Logic.

Kecepatan yang dimiliki oleh SAS adalah 300 MB/detik. Lebih kecil memang dari SCSI Ultra 320 yang terbaru, yang mampu melakukan transmisi dengan kecepatan 320 MB/detik. Hanya saja, satu kelebihan yang sangat signifikan dari SAS adalah transmisi dilakukan dengan full duplex, sedangkan SCSI Ultra 320 adalah transmisi half duplex. Artinya, transmisi SAS dilakukan secara dua arah sekaligus, sedangkan SCSI Ultra 320 searah secara bergantian.

Tidak hanya itu saja, SAS dapat melakukan transmisi multilink yang dapat digunakan untuk meningkatkan bandwidth-nya multilink pada SAS dapat dilakukan 1x, 2x, 3x, sampai 4x. Ini artinya, kecepatan transmisi dengan SA dapat ditingkatkan 4x300 MB/detik, yaitu 1200 MB/detik.

SAS yang mampu digunakan untuk mendukung 16256 perangkat sekaligus, pada tahun 2010 diharapkan dapat melakukan transmisi dengan kecepatan 1,25 GB/detik, empat kali lipat lebih dari kecepatannya saat ini.

Yang Mana?
Bagaimana? Apa yang akan Anda pilih. Masing-masing transmisi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Sebaiknya Anda melihat kembali kebutuhan yang akan digunakan.

Jika untuk digunakan pada server, tidak ada salahnya melirik SCSI atau SAS. Atau dengan menggunakan perangkat SATA yang lebih murah dari SAS, kemudian menghubungkannya ke SAS controller.

Tetapi jika hanya akan digunakan untuk komputer personal, menggunakan ATA tidak terlalu menjadi masalah. Meskipun saat ini sudah semakin banyak harddisk yang menggunakan SATA dan sudah semakin banyak pula motherboard yang menyediakan koneksinya.

////
  • Sleep dan Weak up PC dengan schedule timer
  • Mode sleep atau stand-by S1, S3 or Hibernate
  • Timer lengkap dengan setting hari, minggu , bulan bahkan tahun
  • Timer sleep dapat diatur dalam beberapa waktu sesuai daftar
  • Support MP3 (MPEG1 Layer 3), WMA (Windows Media Audio), OGG (Ogg Vorbis), CDA (CD track), WAV atau M3U (playlist) playback untuk suara peringatan

Note

It can resume your computer from any Stand By mode (S1, S3 or Hibernate)
It works in background
Tolerance against power failure
Skins and multilingual support

Bayangkan bila computer anda bisa melakukan tugas sendiri untuk tertidur / sleep / stand-by dalam waktu tertentu dan kembali bangun / wake-up sesuai waktu yang anda tentukan.

Contoh saja, anda memiliki computer dikantor untuk mendownload email yang sangat besar, terkadang harus menunggu lama untuk mendownload email seluruhnya dipagi hari. Tentu sangat memudahkan perkerjaan bila computer dijadikan alat pintar untuk dapat bekerja dengan membangunkan computer secara otomatis.

Bila anda mengunakan WakeMeUp software, maka computer dapat diatur sesuai jadwal yang anda inginkan. Misalnya dipagi hari sebelum anda masuk kekantor, computer anda sudah bekerja dan mendownload otomatis email ataupun file pada pukul 3 pagi. Lalu anda dapat melakukan seting untuk kembali tertidur sleep dalam beberapa jam setelah itu.

Ketika anda datang, maka computer anda sudah siap dengan file atau email yang terdownload dalam mailbox anda. Cara ini tentu menghemat waktu kerja, sebagian waktu yang digunakan computer sudah dilakukan secara otomatis.

WakeMeUp adalah sebuah software khusus untuk menidurkan dan membangunkan computer. Setting dapat dilakukan dalam harian, minggu, waktu tertentu dan lainnya. Waktu sleep dan weak-up dapat diatur secara bersamaan. Atau anda dapat melakukan seting pada computer untuk sleep saja pada waktu tertentu.

Timer Sleep dan Weak-up

WakeMeUp dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda dapat mengatur waktu untuk sleep dan wake-up computer sesuai rencana anda. Misalnya anda membutuhkan seting setiap hari untuk computer bekerja pada jam 1 pagi dan sleep pada waktu 5 pagi. Anda bisa memasukan sebuah daftar didalam list. Software WakeMeUp mengijinkan pemakai memberikan beberapa timer waktu dari seting yang dibutuhkan.

Waktu timer dapat diatur

Aturan timer dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Misalnya anda ingin mengatur bagi waktu setiap hari atau setiap minggu agar computer kembali bekerja. Setiap waktu yang sudah diatur nantinya dimasukan didalam list skedul anda. Misalkan setiap hari sabtu pagi, computer anda dapat bangun pagi pada jam 6 sampai jam 7 pagi, dan anda dapat mengambil data dikantor melalui koneksi internet. Pengaturan timer dari Wakemeup sangat fleksibel, karena dapat dibuat dalam beberapa waktu rutin atau hanya waktu tertentu yang anda butuhkan untuk membangunkan dan menidurkan PC anda kembali.

List dari WakeMeUp

WakeMeUp mengijinkan pemakai menambahkan time schedule dari masing masing waktu. Anda dapat memasukan list untuk kebutuhan kapan computer harus tertidur dan bangun kembali sesuai jadwal anda. Pada gambar dibawah ini adalah satu list untuk menidurkan computer pada jam 4 sore.

Setup S1, S3 dan Hibernate

Setup WakeMeUp membutukan setting pada BIOS PC atau notebook.

Untuk setting S1 kondisi stand-by maka PC akan tidur tetapi hardware tetap diberikan power. Perangkat harddisk , fan dan lainnya tetap bekerja. Posisi LED power akan berkedip sebagai tanda computer diposisi siaga.

Setting S3, membuat PC benar benar Deep Sleep atau seluruh perangkat tidak mendapatkan power sampai program kembali menjalankan posisi wake-up pada PC. Kondisi Deep Sleep dengan setting S3 membuat kondisi PC tidak memiliki tanda apapun karena konsumsi power dibuat seminimal mungkin.

Kombinasi S1 dan S3, adalah kondisi dimana power seluruhnya mati, tetapi lampu power LED tetap berkedip sebagai tanda.

Untuk posisi Hibernate berbeda, seluruh hardware tidak mendapatkan power. Tetapi sebelum melakukan Deep Sleep, computer melakukan backup program yang ada pada memory kedalam harddisk.. Pilihan dengan status Hibernate umumnya diperlakukan pada notebook.

S1 S3 S1&S3 Hibernate
Power On Off Off Off
Power LED Blink Off Blink
Sleep status Stand-by Deep Sleep Deep Sleep Deep Sleep

Result


WakeMeUp memang membuat computer anda tertidur, khususnya pada computer dengan fitur S3 atau notebook dengan kemampuan Hibernate. Terdapat 2 option suara alarm ditempatkan dari buzzer atau pc speaker bagi alarm ketika computer kembali terbangun ataupun melalui sound card dapat dijadikan bunyi signal ketika computer kembali diposisi siap bekerja. Kondisi deep sleep dari kemampuan PC pada S3, membuat seluruh perangkat computer benar benar mati sementara waktu, dan aplikasi tersimpan didalam memory sebelum dipanggil kembali ketika computer dibangunkan. Wakemeup sangat menguntung bagi pemakai yang menginginkan computer dapat bekerja secara otomatis. Tugas tugas tertentu didalam pekerjaan atau hobi nantinya dapat dijalankan oleh computer tanpa mengenal waktu. Misalnya anda membutuhkan computer untuk mendownload file atau email yang cukup besar, maka Wakemeup dapat diatur untuk memgambil file dimalam hari ketika internet dalam kondisi lebih lancar. Atau anda dapat mengatur file server agar tertidur setelah jam kerja dan kembali on pada pagi harinya tanpa sentuhan tangan operator.

Kendala mengunakan WakeMeUp adalah pada power computer. Untuk WakeMeUp memang harus menyiapkan computer dengan power yang terus terhubung. Ketika computer mengalami kegagalan power atau tidak mendapat power maka PC tidak dapat kembali bangun sesuai jadwal yang direncanakan.

Kata akhir bagi Wakemeup, software utility ini benar benar powerfull, karena banyak kegunaan bagi mereka yang menginginkan computer dapat bekerja secara otomatis dari program pemakai.

////

Kebanyakan produsen motherboard umumnya sudah melengkapi proteksi untuk CPU dan system motherboard. Perlengkapan ini disebut Hardware monitoring. Pengendalian dari system monitoring dilakukan oleh sebuah chip yang mengontrol seluruh sistem motherboard seperti kecepatan fan, panas/ temperature processor, voltage dan sebagainya. Salah satu option adalah untuk memonitoring suhu processor ini sebenarnya memberikan maanfaat yang sangat berarti bagi processor. Manfaatnya adalah memberikan Warning secara dini terhadap temperature yang melebihi dari standard yang diijinkan. Tetapi pemakai pemula terkadang lupa mengaktifkan option ini dan bila suatu hari processor terjadi overheating, maka barulah menyadari manfaat option tersebut

Untuk memprediksikan kemungkinan dari terjadinya overheating dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Fan untuk pendingin CPU macet, rusak.
  2. Fan menurun speednya dibawah 20% dari kecepatan standard sebelum benar benar rusak.
  3. Kecepatan fan yang menurun perlahan-lahan dan mencapai 50% dibawah standard sebelumnya.
  4. Terjadinya pergeseran heatsink dengan plate pendingin CPU dan Heatsink tidak menempel sempurna ke processor
  5. Melakukan over voltage tetapi system pendingin (fan) tidak mendukung

Kemungkinan ke 5, Perlakuan ini memang sengaja dilakukan , tetapi tidak memperkirakan dampak bagi processor. Umumnya peningkatan Vcore dengan overclock adalah untuk meningkatkan kecepatan processor diatas standard. Meningkatkan Vcore untuk processor membantu membuat processor bekerja lebih stabil. Tetapi dengan meningkatkan Voltage untuk processor juga akan meningkatkan temperature processor dan panas yang berlebihan dapat terjadi. Dalam waktu dekat processor memang tidak akan rusak, tetapi untuk jangka panjang sebaiknya memperbaiki sistem pendingin untuk processor.

Kemungkinan ke 4 memang jarang terjadi dan hanya mereka yang suka membuka pasang heatsink kemungkinan hal ini bisa terjadi pergeseran heatsink. Temperature akan meningkat drastis dan menyebabkan computer cepat hang dalam beberapa saat. Tetapi yang membahayakan adalah heatsink yang tidak sepenuhnya terlepas dan sulit sekali terditeksi sebelum CPU terjadi overheating dan akhirnya rusak.

Kemungkinan ke 3 , umumnya amat sering karena kualitas fan yang asal-asalan dibeli dan tidak memeriksa terlebih dahulu. Kebanyakan hal ini dilakukan oleh penjual processor type OEM atau disebut Tray. Processor jenis ini umumnya mengunakan heatsink dan fan yang tidak standard, dan untuk menekan biaya penjualan mereka mengunakan fan yang murah. Memang dalam waktu dekat tidak akan terlihat masalah pada temperature , tetapi bila computer digunakan berjam-jam akan terlihat temperature meningkat walaupun tidak melebihi batas maksimum.

Kemungkinan ke 2, masalah ini muncul dari masalah ke 3, karena temperature yang terus meningkat dari hari ke hari, panas yang dikeluarkan dari heatsink akan membuat fan menjadi rusak. Fan yang dibuat dari plastik dan motor elektrik memiliki batas toleransi terhadap panas. Dan bila mencapai 50 deg.C lama kelamaan coil akan melemah. Dapat juga terjadi karena debu yang tersedot kedalam fan dan membuat fan menjadi berat, sehingga coil motor bekerja ekstra yang akhirnya melemah kemampuannya dan menurunkan speedn sebelum fan menjadi rusak

Kemungkinan ke 1. ada 2 penyebab dari kerusakan fan. dari point 2 dan 3 yang membuat fan benar-benar rusak dan membuat processor overheating. Fan tersebut mendadak rusak tetapi tidak diketahui kapan terjadi. Penyebab lain adalah dari umur fan itu sendiri, motor elektrik memiliki batas usia pemakaian sebelum motor tersebut rusak. Dan masalah ini terkadang sulit sekali diduga, karena memang membutuhkan waktu lama. Fan yang berkualitas memang memiliki umur panjang. Permasalahannya adalah kita tidak mengehui fan mana yang memang benar benar aman digunakan.

Ada beberapa cara pencegahan walaupun hal ini terlalu berlebihan, tetapi mengapa tidak dicoba :

  • Memakai heatsink diatas standard, yaitu dengan menganti Heatsink yang ukurannya lebih besar. Bila suatu hari fan processor rusak, minimal dengan heatsink besar masih dapat mempertahankan temperature processor di tengah batas toleransi. Ketika fan rusak, maka heatsink besar akan menyebarkan panas keseluruhan casing dan panas tersebut akan mudah diketahui dari luar dengan memegang casing yang memiliki udara panas tidak normal keluar dari casing dan fan power supply..
  • Membuat fan cadangan pada processor. Dengan double fan, maka processor akan bekerja lebih baik dan temperature dari processor dapat ditekan seminimal mungkin.
  • Memberikan setting pada BIOS untuk menditeksi temperature yang melebihi standard. Aktifkan temperature warning dari BIOS dan set serendah mungkin. Untuk processor umumnya beroperasi baik pada maksimal temperature 45 deg. C maksimal. Dan processor akan terjadi mulfunction pada temperature 50-90 Deg. C. Temperature processor secara umum bekerja antara 28 - 45 Deg. C tergantung jenis dan teknologi yang digunakan. Seperti Pentium III coopermine akan bekerja pada panas normal untuk processor antara 35-40 deg.C dengan maksimal 60 deg. C. Dengan mengaktifkan "Warning Temperature" pada BIOS, maka bila overheating, system hardware monitoring akan memberikan peringatan suara melalui speaker computer. Setting "Temperature Warning" juga dapat disetting pada Software dari pembuat motherboard.

Setting CPU warning "Disable"

Setting CPU warning "Enable"

////

Harddisk adalah media penyimpan yang sangat penting pada computer. Sayangnya umur pemakaian yang terbatas. Kerusakan pada harddisk dapat disebabkan beberapa hal. Misalnya :

  • Power supply yang tidak memadai dan merusak kontroller harddisk dan motor.
  • Harddisk terjatuh dan merusak mekanik didalamnya atau minimal terjadi bad sector.
  • Terlalu sering dibawa bawa tanpa pengaman membuat platter harddisk rusak karena goncangan berlebih.
  • Suhu didalam harddisk yang panas membuat kondisi harddisk dalam lingkungan tidak stabil.
  • Kondisi MTBF/umur harddisk, sudah tercapai dan akan rusak.

Hal yang masih dapat dilakukan untuk memperbaiki harddisk yang terkena bad sector adalah hanya kondisi dimana harddisk masih berputar, keadaan controller harddisk masih bekerja. Tetapi keadaan ini masih dibagi lagi, bila ingin mengunakan harddisk yang terkena bad sector. Masalah penyebab bad sector adalah salah satu kerusakan yang sering terjadi. Kondisi kerusakan oleh bad sector dibedakan oleh 3 keadaan.

  • Kondisi dimana platter harddisk aus. Pada kondisi ini harddisk memang sudah tidak dapat digunakan. Semakin lama harddisk semakin rusak dan tidak berguna lagi untuk dipakai sebagai media storage.
  • Kondisi platter yang aus tetapi belum mencapai kondisi kritis. Kondisi ini dapat dikatakan cukup stabil untuk harddisk. Kemungkinan harddisk masih dapat diperbaiki karena platter masih mungkin dilow level.
  • Kondisi platter yang aus, baik kondisi yang parah atau ringan tetapi kerusakan terdapat di cluster 0 (lokasi dimana informasi partisi harddisk disimpan). Kondisi ini tidak memungkinkan harddisk diperbaiki.

Membicarakan keadaan harddisk untuk diperbaiki hanya memungkinkan perbaikan pada kondisi ke 2, dimana permukaan harddisk masih stabil tetapi terdapat kerusakan ringan di beberapa tempat.

Tujuan
  • Upaya untuk mengunakan harddisk yang terdapat bad sector
  • Men-eliminasi lokasi kerusakan pada bad sector.
Tahapan 1

Sebelum melakukan tahapan selanjutnya sebaiknya mengunakan tahapan 1 untuk memastikan kondisi platter harddisk yang rusak. Untuk mengetahui hal ini harddisk harus dilakukan LOW LEVEL FORMAT (LLF). LLF dapat dilakukan dari BIOS atau Software. Untuk BIOS, beberapa PC lama seperti generasi 486 atau Pentium (586) memiliki option LLF. Atau dapat mengunakan software LLF. Untuk mendapatkan software LLF dapat diambil di Site pembuat harddisk. Atau mencari utiliti file seperti hddutil.exe (dari Maxtor - MaxLLF.exe) dan wipe.exe versi 1.0c 05/02/96.

Fungsi dari software LLF adalah menghapus seluruh informasi baik partisi, data didalam harddisk serta informasi bad sector. Software ini juga berguna untuk memperbaiki kesalahan pembuatan partisi pada FAT 32 dari Windows Fdisk.

Setelah menjalankan program LLF, maka harddisk akan benar-benar bersih seperti kondisi pertama kali digunakan.

Peringatan : Pemakaian LLF software akan menghapus seluruh data didalam harddisk

Tahapan 2

Proses selanjutnya adalah dengan metode try dan error. Tahapan untuk sesi ini adalah :

a. Membuat partisi harddisk : Dengan program FDISK dengan 1 partisi saja, baik primary atau extended partisi. Untuk primary dapat dilakukan dengan single harddisk , tetapi bila menghendaki harddisk sebagai extended, diperlukan sebuah harddisk sebagai proses boot dan telah memiliki primary partisi (partisi untuk melakukan booting).

b. Format harddisk : Dengan FORMAT C: /C. Penambahan perintah /C untuk menjalankan pilihan pemeriksaan bila terjadi bad sector. Selama proses format periksa pada persentasi berapa kerusakan harddisk.

Ketika program FORMAT menampilkan Trying to recover allocation unit xxxxxx, artinya program sedang memeriksa kondisi dimana harddisk tersebut terjadi bad sector. Asumsi pada pengujian dibawah ini adalah dengan Harddisk Seagate 1.2 GB dengan 2 lokasi kerusakan kecil dan perkiraan angka persentasi ditunjukan oleh program FORMAT :

Kondisi Display pada program Format persentasi yang dapat digunakan
Baik 0-20% 20%
Bad sector 21% Dibuang
Baik 22-89% 67%
Bad sector 91% Dibuang
Baik 91-100% 9%

c. Buat partisi kembali : Dengan FDISK, buang seluruh partisi didalam harddisk sebelumnya, dan buat kembali partisi sesuai catatan kerusakan yang terjadi. Asumsi pada gambar bawah adalah pembuatan partisi dengan Primary dan Extended partisi. Pada Primary partisi tidak terlihat dan hanya ditunjukan partisi extended. Pembagian pada gambar dibawah ini adalah pada drive D dan F (22MB dan 12 MB) dibuang karena terdapat bad sector. Sedangkan pada E dan G ( 758MB dan 81MB) adalah sebagai drive yang masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan.

Bila anda cukup ngotot untuk memperbaiki bad sector anda, dapat juga dilakukan dengan try-error dengan mengulangi pencarian lokasi bad sector pada harddisk secara tahapan yang lebih kecil, misalnya membuat banyak partisi untuk memperkecil kemungkinan terbuangnya space pada partisi yang akan dibuang. Semakin ngotot untuk mencari kerusakan pada tempat dimana terjadi bad sector semakin baik, hanya cara ini akan memerlukan waktu lebih lama walaupun hasilnya memang cukup memuaskan dengan memperkecil lokasi dimana kerusakan harddisk terjadi.

d. Untuk memastikan apa bad sector sudah terletak pada partisi harddisk yang akan dibuang, lakukan format pada seluruh letter drive dengan perintah FORMAT /C. Bila bad sector memang terdapat pada partisi yang dibuang (asumsi pada pengujian bad sector terletak pada letter drive D dan F), maka partisi tersebut dapat langsung dibuang. Tetapi bila terjadi kesalahan, misalnya kerusakan bad sector tidak didalam partisi yang akan dibuang melainkan terdapat pada partisi yang akan digunakan, anda harus mengulangi kembali proses dari awal dengan membuang partisi dimana terdapat kesalahan dalam membagi partisi yang terkena bad sector. Hal yang perlu diingat : Pembuatan partisi dilakukan dari awal ke akhir, misalnya C, D, E dan selanjutnya. Untuk membuang partisi mengunakan cara sebaliknya yaitu dari Z ke C. Kesalahan dalam membuang dan membuat partisi yang acak acakan akan mengacaukan sistem partisi harddisk.

e. Proses selanjutnya adalah membuang partisi yang tidak digunakan lagi. Setelah melakukan pemeriksaan dengan program FORMAT, maka pada proses selanjutnya adalah membuang partisi yang mengandung bad sector. Pada gambar dibawah ini adalah: Tahap membuang 2 partisi dengan FDISK untuk letter drive D dan E. Untuk E dan G adalah partisi letter drive yang akan digunakan.

F. Pada akhir tahapan anda dapat memeriksa kembali partisi harddisk dengan option 4 (Display partitisi) pada program FDISK, contoh pada gambar dibawah ini adalah tersisa 3 drive : C sebagai primary partisi (tidak terlihat), 2 extended partisi yang masih baik dan partisi yang mengandung bad sector telah dihapus.

G. Akhir proses. Anda memiliki harddisk dengan kondisi yang telah diperbaiki karena bad sector. Letter drive dibagi atas C sebagai Primary partisi dan digunakan sebagai boot, D (758MB) dan E (81MB) adalah partisi ke 2 dan ke 3 pada extended partisi.

Bila anda belum puas dengan hasil mencari bad sector, maka anda dapat mengulangi prosesur diatas. Untuk melakukan Tips ini sebaiknya sudah mengetahui prosedur dalam membuat partisi dengan program FDISK.

Yang perlu dicatat pada tip ini adalah, berhati-hati pada pemakaian program LLF. Sebaiknya mengunakan single drive untuk mengunakan program ini. Kesalahan melakukan LOW LEVEL FORMAT pada harddisk sangat fatal dan tidak dapat dikembalikin seperti kondisi semula.

Untuk harddisk yang terkena BAD SECTOR sebaiknya mengunakan harddisk yang kondisinya belum terlalu parah atau bad sector terdapat di beberapa tempat dan tidak sporadis tersebar. Kerusakan pada banyak tempat (sporadis bad sector) pada harddisk akan menyulitkan pencarian tempat dimana terjadi bad sector.

Jumat, Desember 18, 2009

////

Bandwidth Internet

Bandwidth, kalau diartikan kira-kira adalah Lebar Bidang atau Lebar Pita. Bandwidth suatu koneksi internet berhubungan dengan kapasitas/volume data yang dapat ditransfer dalam satuan waktu tertentu. Biasanya dalam setiap detik. Semakin besar Bandwidth suatu koneksi Internet maka akan semakin besar kapasitas/volume data yang bisa di transfer setiap detiknya. Kapasitas/volume data ini dinyatakan dalam bit (satuan data biner) atau Bytes (kumpulan bit atau satuan data biner yang mewakili satu karakter). Dalam komunikasi digital termasuk internet, 1 Byte data terdiri dari 8 bit. Dalam sistem koneksi internet, Bandwidth sering disebut atau lebih dikenal dengan istilah Kecepatan Koneksi Internet…

Sehingga Bandwidth dapat diibaratkan diameter selang air… semakin besar diameter selang air tersebut maka akan semakin besar kapasitas/volume air yang bisa dialirkan dalam setiap detiknya.

Sebagai contoh, sebuah koneksi memiliki Bandwidth Internet 512-kbps (kilo bit per second)… Artinya adalah dalam satu detik Sistem Koneksi Internet tersebut mampu mentransfer data maksimal sampai 512-kb (kilo bits) atau 64-kB (kilo Bytes). Dalam dunia internet, Bandwidth merupakan suatu yang sangat penting dan hal pokok bagi kenyamanan pengguna internet. Hal tersebut karena besar kecilnya Bandwidth langsung berkaitan dengan Kecepatan Browsing, Kecepatan Membuka Halaman Web, Kecepatan Download atau Kecepatan Upload File…

Contoh Pertama : Untuk membuka sebuah halaman Web yang berkapasitas 120-kB, sebuah koneksi internet dengan Bandwidth Internet 512-kbps atau 64-kBps membutuhkan waktu sekitar 120/64 = 1,875 detik. Namun dengan Bandwidth koneksi internet 128-kbps atau 16-kBps maka perlu waktu sekitar 120/16 = 7,5 detik… Sebuah perbedaan waktu yang signifikan hanya untuk men-download atau membuka satu halaman Web…

Contoh Kedua : Untuk Download sebuah file dengan kapasitas 30-MB, atau 30.000-kB sebuah koneksi Internet dengan Bandwidth 1-Mbps atau 128-kBps membutuhkan waktu sekitar 30.000/128 = 234,375 detik atau sekitar 3,9 menit. Namun dengan Bandwidth koneksi Internet yang cuma 64-kbps atau 8-kBps…. akan membutuhkan waktu sekitar 30.000/8 = 3.750 detik atau sekitar 62,5 menit… atau lebih dari 1 jam…. Sebuah perbedaan waktu yang sangat jauh….

Setiap perusahaan penyedia jasa layanan koneksi internet biasanya memasang harga yang berbeda-beda sesuai Bandwidth Internet yang ditawarkan. Semakin besar Bandwidth-nya maka harganya juga semakin mahal…

Space Hosting dan Data Transfer Hosting

Setiap perusahaan penyedia layanan persewaan Hosting biasanya memasang spesifikasi Hosting yang ditawarkan. Yang paling umum dan menjadi kriteria utama selain fitur-fitur layanan biasanya adalah Kapasitas Hosting atau Space Hosting. Setiap kita menyewa suatu Hosting berarti saat itu kita sedang menyewa ruang/space Harddisk pada Server perusahaan tersebut dengan kapasitas yang kita pilih. Kapasitas Hosting merupakan volume data maksimal yang dapat kita simpan pada suatu Hosting. Semakin besar kapasitas yang kita sewa maka harga sewanya semakin mahal.

Selain Kapasitas atau Space Hosting ada yang dinamakan Data Transfer Hosting. Data Transfer Hosting merupakan kapasitas lalu-lintas data yang disediakan oleh perusahaan Hosting kepada pihak penyewa Hosting. Lalu-lintas data tersebut dapat berupa download maupun upload data pada Hosting tersebut. Jadi setiap ada pengunjung yang membuka suatu halaman Web maka saat itu juga akan memakai/memakan memori harddisk pada Server Hosting sebesar kapasitas halaman yang dibuka. Jadi apabila suatu halaman Web banyak dibuka oleh pengunjung maka semakin besar pula data transfer hosting-nya atau semakin besar pula memakai/memakan memori harddisk pada Server Hosting yang bersangkutan. Untuk itu sebuah Hosting dengan kapasitas tertentu akan memiliki harga sewa lebih mahal untuk Data Transfer Hosting yang lebih besar.

Lamanya sewa Hosting biasanya dalam Bulan atau Tahun, mulai satu bulan sampai beberapa tahun. Pembayarannya-pun berbeda-beda… Ada yang setiap bulan dan ada pula yang per-tahun atau beberapa tahun sekaligus. Pembayaran setiap bulan kebanyakan diterapkan oleh Perusahaan Hosting Terkemuka dan yang menyewakan Hosting dalam Space Besar dan Data Transfer Hosting yang sangat besar yang kebanyakan didominasi oleh Perusahaan Hosting Luar Negeri…. Meskipun ada juga beberapa Perusahaan Hosting Dalam Negeri yang menerapkan sistem Pembayaran tersebut…

Besarnya Data Transfer Hosting dinyatakan dalam Bytes perbulan dan akan dilakukan RESET setiap akhir bulannya. Biasanya dimulai dari MB, GB, beberapa puluh GB bahkan ratusan GB… Kapasitas Data Transfer suatu Hosting sangat menentukan kemampuan Seberapa Banyak Suatu Web dapat dikunjungi atau dibuka halamannya dalam setiap Bulan….

Sebagai contoh, Sebuah Web yang memiliki kapasitas rata-rata 100-kBytes perhalaman memiliki Data Transfer Hosting sebesar 2-GB. Apabila diasumsikan setiap pengunjung hanya membuka satu halaman Web saja, maka jumlah pengunjung maksimal dalam satu bulan adalah : 2-GB/100-kB = 20.000 pengunjung.

Kenyataannya setiap pengunjung tidak hanya membuka satu halaman Web saja, melainkan lebih banyak halaman, biasanya satu pengunjung rata-rata membuka 2 – 3 halaman dan ini menyebabkan pemakaian Data Transfer suatu Hosting membengkak… Sehingga sebuah Hosting dengan Data Transfer 2-GB perbulan bisa saja terlampaui (limited exceeded) dengan hanya 5000 atau 7000 pengunjung perbulan.

Adakalanya perusahaan Hosting menawarkan Unlimited Space dan Unlimited Data Transfer Hosting. Sebenarnya hal tersebut tidak 100% unlimited. Meskipun pada awal sewanya Unlimited, biasanya pihak perusahaan Hosting tetap akan memberlakukan Limited Space dan Limited Data Transfer Hosting apabila Space dan Data Transfer pada Hosting Web yang bersangkutan melebihi kalkulasi biaya dari Space dan Data Transfer Hostingnya atau membebani kinerja (terjadi Over Load) pada Server… Karena untuk Hosting dengan Unlimited Space dan Data Transfer biasanya harga sewanya sudah cukup tinggi sehingga perusahaan Hosting sudah terlebih dahulu mengkalkulasi dengan Maksimal Space dan Maksimal Data Transfernya…

////

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam tips perawatan printer atau cara merawat printer. Namun kalau hal itu kita lakukan dengan benar akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan usia pakai printer kita.

Berikut ini saya sharing tips perawatan printer atau cara merawat printer sesuai pengalaman pribadi saya, khususnya Inkjet printer yaitu yang menggunakan Tinta Cair :

  1. Gunakan printer secara berkala dan teratur. Jangan membiarkan printer “nganggur” dalam waktu yang cukup lama. Setiap hari atau dua hari sekali printer harus dipakai untuk mencetak paling tidak 2 – 3 lembar dan pastikan hasil cetakannya sempurna. Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna… artinya jangan warna hitam saja tetapi cetaklah tulisan/gambar yang mengandung unsur warna hitam, merah, kuning dan biru (warna-warni) sehingga diharapkan seluruh Head bekerja semua. Hal ini bertujuan menjaga agar tinta pada seluruh Print Head tidak mengering/menggumpal.
  2. Jangan biarkan Cartridge/Ink Tank kosong dalam waktu cukup lama. Segera isi Cartridge apabila tinta mulai kosong/habis.
  3. Dalam melakukan isi ulang/refile khususnya saat melepas cartridge, jangan sampai menyentuh pin CMOS (ditandai dengan gambar telapak tangan yang di silang). Pin tersebut sangat sensitif (bisa rusak) akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.
  4. Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang/refile. Kalaupun berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar kosong/habis. Hal ini untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head. Ini yang biasanya sering dilupakan dalam tips perawatan printer.
  5. Saat mencetak gunakan kertas yang bersih dan masih “layak” artinya tidak lusuh atau “lungset” karena kertas yang lusuh dapat menyebabkan macet/berhenti mencetak atau “mbulet” akibat kertas yang slip pada rol printer. Selain itu kertas yang berdebu dapat menyebabkan debu nempel ke Head.
  6. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain. Khusus bagian dalam gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan OFF atau Mati total (kabel listrik tercabut).
  7. Matikan printer sesuai prosedur, yaitu dengan menekan dulu tombol “Off” kemudian mencabut kabel yang terhubung ke listrik. Jangan langsung mencabut kabel listrik-nya… karena pada saat itu System Bios printer masih bekerja/aktif. Ini juga sering dilupakan dalam cara merawat printer. Kalau hal itu sering dilakukan akan menyebabkan System Bios error (printer error/rusak pada system) dan harus dilakukan Erase dan Flash ulang BIOS EEPROM. Dalam kondisi extrime hal tersebut dapat merusak BIOS secara Hardware (IC BIOS/EEPROM rusak) dan itu termasuk sangat parah…. Selain itu mematikan printer dengan mencabut langsung kabel listriknya menyebabkan Capping Head printer saat itu mungkin belum pada posisi park yang benar sehingga dapat menyebabkan tinta mengendap dan mengering pada Head.
  8. Gunakan penutup printer supaya terlindung dari debu. Anda dapat menutupnya rapat dengan kain sehingga masih ada pertukaran udara. Jangan menggunakan penutup (menutup rapat) dengan plastik karena udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.
  9. Kalau printer Anda sering digunakan (biasanya untuk kantor) jangan sering-sering mematikan printer pada setiap habis ngeprint… biarkan printer tetap menyala. Hal ini untuk meminimalisir Over Hit Counter pada Limit Counter BIOS. Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak (rata-rata 2000 kali). Setiap kita menyalakan printer maka Counter akan bertambah (dianggap 1 kali mencetak). Bayangkan kalau selama jam kerja (misal 8 jam) kita mematikan dan menyalakan printer sampai 10 kali atau 20 kali….?!! maka hal tersebut akan mempercepat kita melakukan RESET Counter pada BIOS printer kita.
  10. Jangan terlalu sering mencetak gambar / tulisan yang dipertebal atau Fill dengan kepadatan yang tinggi karena akan memperberat kerja Head yang otomatis akan memperpendek usia Head.
  11. Khusus printer yang pakai Infus,… Letakkan Tangki Tinta Infus sejajar (agak rendah sedikit) dengan Catridge. Hal ini untuk menjaga agar tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak digunakan.
  12. Bersihkan/cuci Busa/Spon Penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah. Biasanya ditandai dengan tidak berjalannya Proses Cleaning Head atau ada luberan tinta dibagian dalam printer. Kalau hal tersebut dibiarkan bisa berbahaya bagi rangkaian elektronik/mekanik printer. Pada beberapa kasus dipakai trik yaitu dengan mengeluarkan slang yang masuk penghisap dan ditampung pada wadah tersendiri. Khusus yang no.12 ini kalau Anda belum berpengalaman bisa minta bantuan Teknisi.

Tips Perawatan Printer atau Cara Merawat Printer diatas kalau kita laksanakan dengan benar dapat mengoptimalkan kinerja printer dan memperpanjang usia pakai printer kita.

////

IDM Portable Free Download merupakan Software untuk Meningkatkan Kecepatan Download Internet versi Crack yang sudah di fixed pada pemakaian OS. Perbedaan antara IDM Portable dengan versi resmi, alias legal, alias Trial 30 hari adalah terletak pada Instalasi, Pengoperasian, Settingan dan Masa Penggunaannya. Pada versi Trial, kita akan kesulitan saat IDM (Internet Download Manager) kita telah memasuki 30 hari setelah kita install pada PC kita karena sejak saat itu kita tidak bisa menggunakannya lagi meskipun kita Remove dan kita Install ulang.

Kita baru bisa install ulang IDM lagi kalau Operating System pada komputer kita diinstall ulang alias kita Install Ulang Windows kita… welehh…

Nah… dengan IDM Portable Free Download ini kita tidak usah repot-repot Update IDM atau mengalami habis masa Trial 30 hari, karena akan terus dapat beroperasi tanpa ada masa Trialnya… Selain itu IDM Portable Free Download untuk Meningkatkan Kecepatan Download Internet ini tidak perlu Instalasi karena merupakan Software Exe Aplication yang tinggal dicopy dan dijalankan.

Setelah didownload silahkan di extract dan simpan pada Drive C atau D. Kemudian Anda buka dan cari file IDMan seperti di bawah ini dan tinggal pasang Shortcut.

idman

Software IDM Portable Free silahkan Download DI SINI

Kekurangan dari IDM Portable ini adalah, pertama tidak adanya (sulitnya mencari) versi terbaru (upgrade). Maklum karena ini semacam hasil karya dari Cracker atau Hacker… he..he..he.. (ma’af kalau salah). Kedua, Software untuk Meningkatkan Kecepatan Download Internet ini tidak ada fasilitas Setting Maksimal Speed Download sehingga apabila digunakan dalam Komputer Sharing dalam suatu Jaringan maka IDM Portable Free Download ini akan saling berebut siapa yang lebih dulu download dan seluruh Bandwidth akan tersedot tanpa adanya batasan alias RAKUS Bandwidth… welehh…

Demikian mudah-mudahan bermanfaat
////

Jika anda ingin membuat browser dapat membuka 2 halaman sekaligus seperti dalam gambar di bawah ini :

Dual Screen

Untuk menjadikan browser anda seperti gambar di atas, anda cukup menggunakan script dari javascript.
Berikut Langkah-langkahnya :
1. Buka Browser anda (Untuk test saya menggunakan browser mozilla firefox).

2. Masukkan javascript dibawah ini ke address browser anda :

javascript:finderonly=location.href;int3rnet=prompt('Masukkan%20URL%201',finderonly);brows3r=prompt('Masukkan%20URL%202',int3rnet);if(int3rnet&&brows3r){F1nd='\n';F1nd+='\n';F1nd+='';with(document){write(F1nd);void(close())}}else{void(null)}

3. Jika muncul pesan “Masukkan URL 1″, isi dengan URL yang anda inginkan.
Isi dengan (Contoh) : http://www.yahoo.com

4. Jika muncul pesan “Masukkan URL 2″, isi dengan URL yang anda inginkan.
Isi dengan (Contoh) : http://www.findtoyou.com

Sekarang anda memiliki browser dengan dual screen.

////


Tips ini sangat berguna jika anda memasang internet yang menggunakan paket quota bandwidth / Volume Based.

1. Menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound.
Jika anda melakukan browsing ke suatu situs dan hanya membutuhkan info text nya saja di situs tersebut anda bisa menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound.
Untuk Firefox : Tools -> Options -> Content
Untuk IE : Tools -> Internet Options -> Advanced

2. Mematikan setting update automatic.
Mematikan setting update automatic pada windows, antivirus maupun software yang lain dan pindah ke setting ke manual update.
Karena ada beberapa program yang kita install melakukan download update secara automatis.

3. Install Add-ons Adblock Plus.
Plugin ini berfungsi untuk mengeblok iklan-iklan yang muncul di suatu situs kalo kita membuka situs tersebut.
Untuk firefox anda bisa menginstall add-ons Adblock plus (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1865).
add-ons firefox ini mampu mengeblok iklan gambar dan iklan flash.

4. Menggunakan program kompresi images seperti toolnel.
Dengan program ini, maka data akan dikompres terlebih dahulu sebelum masuk ke komputer kita.
Anda bisa mendownload di http://www.toonel.net/downloads.html

5. Menggunakan Web mail yang support AJAX
Gunakan layanan email yang support AJAX dimana tampilan bekerja efisien sehingga data yang kita download lebih kecil.
Web mail yang support AJAX antara lain GMail dan Yahoo Mail dengan versi barunya.

6. Gunakan salah satu browser saja.
Gunakan salah satu browser saja, misalnya kalau Firefox gunakanlah Firefox terus, kl Internet Explorer gunakanlah Internet Explorer terus, jangan berpindah-pindah.
Karena setiap browser memiliki cache sendiri, sehingga jika Anda membuka situs yang sudah pernah anda kunjungi, maka browser tersebut tidak akan mendownload seluruh data lagi, karena beberapa sudah tersimpan di browser komputer anda berupa cache.

////


Jika Driver Motherboard anda hilang dan ingin mencari driver motherboard yang sesuai dengan Merk PC maupun Laptop anda, disini saya memberikan info beberapa situs yang menyediakan driver motherboard secara gratis.
Link untuk download motherboard sengaja saya ambil dari situs resminya sehingga anda tidak perlu takut akan disusupi suatu trojan maupun virus.

1. ASUS (www.asus.com)
Download Driver :
http://support.asus.com/download/download.aspx?SLanguage=en-us
2. Gigabyte (www.gigabyte.com.tw)
Download Driver :
http://www.gigabyte.com.tw/Support/Default.aspx
3. Intel (www.intel.com)
Download Driver :
http://downloadcenter.intel.com/
4. MSI (www.msi.com)
Download Driver :
http://www.msi.com/index.php?func=downloadindex
5. PCChips (www.pcchips.com.tw)
Download Driver :
http://www.pcchips.com.tw/PCCWebSite/Downloads/Category_Download.aspx?MenuID=6&LanID=2
6. BIOSTAR (www.biostar.com.tw)
Download Driver :
http://www.biostar.com.tw/app/en-us/support/download.php
7. ASRock (www.asrock.com)
Download Driver :
http://www.asrock.com/support/download.asp
8. AOpen (www.aopen.com)
Download Driver :
http://global.aopen.com/download.aspx
9. ECS (www.ecs.com.tw)
Download Driver :
http://www.ecs.com.tw/ECSWebSite/Downloads/Category_Download.aspx?MenuID=6&LanID=0
10. Jetway (www.jetway.com.tw)
Download Driver :
http://www.jetway.com.tw/jw/download.asp
11. IWill (www.flextronics.com/)
Download Driver :
http://www.flextronics.com/iwill/product_adns.asp
12. ABIT (www.abit.com.tw)
Download Driver :
http://www.abit.com.tw/page/en/download/download_driver.php
13. Chaintech (www.chaintech.com.tw)
Download Driver :
http://www.chaintech.com.tw/a40_downloads.php
14. EPoX (www.epox.com)
Download Driver :
http://www.epox.com/downloads.asp?class=DRIVERS
15. FoxConn (www.foxconnchannel.com)
Download Driver :
http://www.foxconnchannel.com/support/downloads.aspx

Silahkan anda coba situs-situs diatas untuk mencari driver motherboard yang anda butuhkan.

////


Antivirus Handphone
Antivirus berikut digunakan untuk Handphone berbasis Symbian atau Pocket PC.
Beberapa diantaranya tidak hanya digunakan sebagai antivirus saja, tetapi juga dapat digunakan untuk firewall dan anti spyware. Antivirus di bawah ini tidak semuanya gratis, karena ada beberapa yang cuma memberikan fasiltas trial dan jika ingin full version maka kita harus membelinya

1. NetQin Mobile Antivirus
Download : http://www.getjar.com/products/19129/NetQinMobileAntivirus
Type: Freeware

2. F-Commwarrior 2.0
Download : http://www.softpedia.com/progDownload/F-Commwarrior-Download-104361.html
Type: Freeware

3. AVG beta
Download : http://www.avg.com/us.68361
Type: Freeware

4. Airscanner Mobile Antivirus v2.0
Download : http://freewareppc.com/utilities/airscannermobileantivirus.shtml
Type: Freeware

5. 1-2-3 Spyware Free Mobile
Download : http://www.easyfreeware.com/1-2-3_spyware_free_mobile-22139-freeware.html
Type: Freeware

6. exoVirusStop
Download : http://www.getjar.com/products/1257/exoVirusStop
Type: Shareware

7. Mobile Security Pack 2
Download : http://www.mobile2day.com/en/product_208680_details.html
Type: Shareware
////

1. Memperbaiki Instalasi (Repair Install)

Jika Windows XP Anda rusak (corrupted) dimana Anda tidak mempunyai sistem operasi lain untuk booting,
Anda dapat melakukan perbaikan instalasi (Repair Install) yang bekerja sebagaimana setting (pengaturan)
yang awal.

- Pastikan Anda mempunyai kunci (key) Windows XP yang valid.
- Keseluruhan proses akan memakan waktu kurang lebih 1/2 atau 1 jam, tergantung spek komputer Anda.
- Jika Anda dimintai password administrator, sebaiknya Anda memilih opsi perbaikan (repair) yang kedua,
bukan yang pertama.
- Masukkan CD Windows XP Anda dan lakukan booting dari CD tersebut.
- Ketika sudah muncul opsi perbaikan kedua R=Repair, tekan tombol R
Ini akan memulai perbaikan.
- Tekan tombol F8 untuk menyetujui proses selanjutnya “I Agree at the Licensing Agreement”
- Tekan tombol R saat direktori tempat Windows XP Anda terinstal. Biasanya C:\WINDOWS
Selanjutnya akan dilakukan pengecekan drive C: dan mulai menyalin file-file.
Dan secara otomatis restart jika diperlukan. Biarkan CD Anda dalam drivenya.
- Berikutnya Anda akan melihat sebuah gambar “progress bar” yang merupakan bagian dari perbaikan,
dia nampak seperti instalasi XP normal biasanya, meliputi “Collecting Information, Dynamic Update,
Preparing Installation, Installing Windows, Finalizing Installation”.
- Ketika ditanya, klik tombol Next
- Ketika ditanya untuk memasukkan kunci, masukkan kunci (key) Windows XP Anda yang valid.
- Normalnya Anda menginginkan tetap berada dalam nama Domain atau Workgroup yang sama.
- Komputer akan restart.
- Kemudian Anda akan mempunyai layar yang sama sebagaimana pengaktifan sistem ketika instalasi normal.
- Register jika Anda menginginkannya (biasanya tidak diperlukan).
- Selesai

Sekarang Anda bisa log in dengan account Anda yang sudah ada.

2. NTOSKRNL Rusak atau Hilang (Missing or Corrupt)

Jika Anda mendapati pesan error bahwa “NTOSKRNL not found” / NTOSKRNL tak ditemukan, lakukan:
- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Pindahlah ke drive CD Drive Anda berada.
- Ketik: CD i386
- Ketik: expand ntkrnlmp.ex_ C:\Windows\System32\ntoskrnl.exe
- Jika Windows XP Anda terinstal di tempat lain, maka ubahlah sesuai dengan lokasinya.
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

3. HAL.DLL Rusak atau Hilang (Missing or Corrupt)

Jika Anda mendapatkan error berkenaan dengan rusak atau hilangnya file hal.dll, ada kemungkinan
file BOOT.INI mengalami salah konfigurasi (misconfigured).

- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Ketik: bootcfg /list
Menampilkan isi/masukan pada file BOOT.INI saat ini
- Ketik: bootcfg /rebuild
Memperbaiki konfigurasi dari file BOOT.INI
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

4. Direktori \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG rusak atau hilang

Jika Anda mendapatkan error dengan tulisan:

“Windows could not start because the following files is missing or corrupt
\WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM or \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SOFTWARE”

- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Masukkan password administrator jika diperlukan.
- Ketik: cd \windows\system32\config
- Berikutnya tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan:
- Ketik: ren software software.rusak ATAU ren system system.rusak
- Berikutnya lagi juga tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan:
- Ketik: copy \windows\repair\system
- Ketik: copy \windows\repair\software
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

5. NTLDR atau NTDETECT.COM tak ditemukan (NTLDR or NTDETECT.COM Not Found)

Jika Anda mendapati error bahwa NTLDR tak ditemukan saat booting:

a. Untuk partisi tipe FAT
- Silakan Anda melakukan booting dari disket Win98 Anda dan salinlah file NTLDR atau NTDETECT.COM
dari direktori i386 ke drive induk (root) C:\

b. Untuk partisi tipe NTFS
- Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.
- Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.
- Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.
- Biasanya #1
- Masukkan password administrator jika diperlukan.
- Masukkan perintah berikut, dimana X: adalah alamat drive dari CD ROM Anda (Sesuaikan!).
- Ketik: COPY X:\i386\NTLDR C:\
- Ketik: COPY X:\i386\NTDETECT.COM C:\
- Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

////

Mungkin anda pernah mengalami booting windows yang sangat lambat
Berikut langkah-langkahnya agar booting windows anda menjadi lebih cepat :

Langkah 1 :
Buka aplikasi notepad
Ketikkan “del c:\windows\prefetch\ntosboot-*.*/q” (Tanpa tanda kutip )
dan save as dengan nama ntosboot.bat dalam drive c:\

Langkah 2 :
Lalu klik menu Start–>Run–> dan ketikkan gpedit.msc

Langkah 3 :
Klik Computer Configuration–>Windows Settings–>Script–>lalu klik 2 kali pada Shutdown

Langkah 4 :
Dalam Windows Shutdown Properties klik add lalu browse. lalu cari letak file ntosboot.bat yang anda buat tadi dan klik open

Langkah 5 :
Lalu klik OK ,Apply dan OK sekali lagi untuk menyelesaikannya

Langkah 6 :
Lalu klik menu Start–>Run–> dan devmgmt.msc

Langkah 7 :
Klik IDE ATA/ATAPI controllers–>Primary IDE Channel ( Klik 2 kali untuk membuka properties )

Langkah 8 :
Pilih Advanced Settings
Pada Device 0 atau Device 1
Ganti Device Type menjadi None ( Ganti saja pilihan Device Type yang tidak terkunci )

Langkah 9 :
Klik IDE ATA/ATAPI controllers–>Secondary IDE Channel ( Klik 2 kali untuk membuka properties )
Ulangi seperti Langkah 8

Langkah 10 :
Restart Komputer anda dan anda bisa lihat perubahannya.

Semoga Bermanfaat

////
Jika komputer (pc/laptop) anda menggunakan harddisk type SATA dan memilih untuk menginstal Operating System Windows XP, kemungkinan pada saat anda menginstall windows XP belum bisa mengenali Harddisk SATA tersebut, tetapi hardisk anda dapat dikenali oleh bios, jika hal ini terjadi maka anda harus menginjeksikan driver sata komputer anda ke dalam file windows installer. Biasanya file driver sata sudah ada dalam cd driver notebook/mainboard yang anda peroleh pada saat anda membeli komputer.(jika cd ini tidak ada mintalah ke penjual komputer anda).


Jika driver satanya tidak ada di cd tersebut, anda bisa mencari di situs pembuat komputer anda, Pada situs tersebut masuk ke tab driver, kemudian lakukan browse dan gunakan kata kunci sesuai spesifikasi komputer anda. Untuk notebook gunakan kode atau seri notebook anda :
misal: (laptop) Acer Travelmate 6291, (Pc) gunakan type dan seri mainboard misal : Gigabyte GA-P31-S3G

Keterangan: Dari pengalaman pribadi, beberapa komputer atau notebook sekarang ada yang tdk perlu melakukan injeksi driver sata, misalnya notebook acer type terbaru rata2 tdk membutuhkan driver sata, hanya perlu melakukan pengaturan interface hardisk pada bios, jika ingin menginstal windows XP maka ubah interface hardisk ke IDE, jika ingin instal windows vista ubah setting interface hardisk ke ACHI.

Setelah anda memperoleh driver sata komputer anda, yang anda perlu lakukan hanya melakukan injeksi driver sata tersebut

Software untuk menginjeksi driver sata ke windows installer adalah nlite (merupakan software freware), anda bisa mendownload software tsb di situs : http://www.nliteos.com atau http://www.nliteos.com/download.html


Setelah terdownload, coba instal nlite, jika tidak bisa terinstal biasanya di komputer anda perlu diinstal service pack windows XP, yaitu NET Framework 2.0
dapat anda download di:
http://www.nliteos.com/download.html , http://www.microsoft.com/downloads atau di http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=79bc3b77-e02c-4ad3-aacf-a7633f706ba5&DisplayLang=en

1. Langkah selanjutnya adalah memulai proses injeksi driver sata ke windows installer. Proses ini harus anda lakukan di komputer teman yang sudah aktif windowsnya.
Copy seluruh isi cd windows installer ke dalam hardisk, beri nama direktori misal:WinXPSP2
Kemudian jalankan program nlite


2. Klik Next


3. Klik Browse, arahkan ke direktori yang berisi file windows installer ( D:WinXPSP2)



4. Klik Next



5. Klik Next, maka akan muncul kotak dialog berikut:


6. Klik Driver dan Bootable ISO hingga tombolnya berwarna hijau
(Driver : untuk mengintegrasikan driver misal driver sata ke dalam wiindows installer, anda juga bisa memasukkan driver yg lain)
(Bootable ISO agar windows installer yang anda buat bisa booting secara otomatis pada saat telah dicopy ke CD)
Klik tombol Next


7. Pilih Multiple driver folder jika drivernya lebih dari satu, jika hanya satu file saja pilih single driver


8. Cari file yang berisi driver sata komputer anda, setelah ketemu kilk OK


9. Klik Ok



10. Klik OK


11. Klik Yes pada kotak dialog "Do you want to start the process?"


12. Klik Next (Anda sudah berhasil mengintegrasikan driver sata ke windows installer), selanjutnya anda akan membuat file ISO atau langsung diburning ke CD blank


13. Sekarang anda bisa membuat dulu ISOnya, atau langsung memburning ke CD blank. Masukkan CD ke CD RW Drive kemudian tekan tombol Burn,
Selamat anda sudah mempunyai file master windows installer buatan sendiri.

14. Langkah selajutnya adalah kembali ke komputer pertama anda, jalankan komputer dan atur setting bios agar booting dimulai dari CD ROM.

15. Silahkan anda melakukan instalasi file windows installer dengan CD tadi, ikuti instrkusinya, pasti tidak akan minta driver sata lagi dan hardisk sata anda sudah dapat dikenali oleh Windows XP (jika belum dikenali berarti masih ada file driver sata yang belum anda injeksikan ke windows installer, silahkan lakukan kembali prosedur 1 s/d 12 untuk memperbaikinya)